Sabtu, 12 Desember 2020

Upacara Bendera melalui Konsep BAGJA (Inkuiri Apresiatif)


 

SAEFUL IMAM, S.Pd, Gr.

CGP. SMAN 12 Garut

Kabupaten Garut Angakatan 1 Tahun 2020

 

 

Prakarsa Perubahan

Upacara Bendeera yang Berpihak pada Murid dan Dinantikan Warga Sekolah

Tahapan

Pertanyaan

Daftar tindakan yang Perlu Dilakukan untuk menjawab

pertanyaan

Buat Pertanyaan

·  Hal apa yang paling baik dapat Anda temukan dari upacara bendera yang biasa dilakukan di sekolah?

·  Hal apa yang paling menarik untuk kita pelajari dari pengalaman mengikuti upacara bendera di sekolah selama ini?

·  Hal apa yang tidak menarik dari pengalaman mengikuti upacara bendera di sekolah

  • Mengamati kegiatan upacara bendera
  • Mencatat hal baik yang telah terjadi
  • Mencatat hal yang kurang dalam pelaksanaannnya

Ambil Pelajaran

·  Siapa saja yang dilibatkan dalam pelaksanaan upacara bendera?

·  Apa peran masing-masing pelaku dalam upacara bendera tersebut?

·       Mencatat keterlibatan peserta upacara bendera

·       Menyelami peran masing- masing pelaku

Gali Mimpi

·    Seperti apa orang-orang yang terlibat melakukan perannya ketika upacara bendera?

·    Apa kebiasaan baru yang dapat dilakukan dalam upacara bendera yang menyenangkan?

·    Siapa pelaku perubahan tersebut?

·       Mengamati ekspresi, mengamati stiap kegiatan peserta upacara. Mengamati antusiasme

·       Memikirkan upaya menghidupkan suasana upacara bendera

·       Menentukan tokoh pelaku perubahan

Jabarkan Rencana

·    Langkah inovatif apa yang dapat dilakukan agar upacara bendera tidak membosankan?

·       Saat Pembina upacara selesai memberikan wejangan, diberikan kesempatan pada satu orang anak untuk menyampaikan hal baik yang dialaminya disekolah.

·       Anak yang ditunjuk tidak ditentukan sebelumnya. Jadi siapapun yang ditunjuk siap tampil.

·       Petugas upacara dari masing-masing kelas dan

dilombakan per tingkat


 

Atur Eksekusi

·    Siapa    yang    akan             terlibat             dalam mewujudkan rencana tersebut?

·    Kepada siapa melaporkan kemajuan yang terjadi?

·    Siapa yang memberikan umpan balik dari laporan

·       Memberi usulan kepada rekan guru melalui rapat bersama pimpinan terkait rencana

·       Bekerjasama dengan waka kesiswaan dan wali kelas

·       Melakukan refleksi kegiatan dalam rapat guru

·       Memberikan laporan kegiatan bulanan kepada pimpinan

·       Pimpinan memberikan umpan balik kegiatan

 

Perbandingan Keadaan

 

Upacara Biasanya

Upacara Versi Baru

Petugas Upacara dari Osis

Petugas Upacara dari masing-masing kelas dan digilir tiap minggunya kemudian dipilih

petugas upacara terbaik dari masing-masing tingkat

Hanya Pembina upacara yang memberi wejangan

Peserta didik yang ditunjuk saat itu dapat menyampaikan hal baik yang dialaminya di

sekolah

Pelaksanaan upacara terasa biasa saja

Pelaksanaan upacara bersemangat karena peserta didik bersiap-siap ditunjuk

memberikan hal baiknya

Tidak diberikan kesempatan kepada anggota kelas menjadi petugas upacara, pengalaman dan tanggung jawab kurang

Dengan diberikannya kesempatan menjadi petugas setiap anak memiliki pengalaman menjadi petugas dan bertanggung jawab pada

tugasnya

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Portofolio Aksi Nyata Modul 3.3 - Penerapan Model Integrasi-Kolaboratif Teaching and Learning (Intel) dalam Pembelajaran berdiferensiasi

Portofolio Aksi Nyata Modul 3.3 - Penerapan Model Integrasi-Kolaboratif Teaching and Learning (Intel) dalam Pembelajaran berdiferensiasi  Ol...