SAEFUL IMAM, S.Pd, Gr.
CGP. SMAN 12 Garut
Kabupaten Garut Angakatan 1 Tahun 2020
Prakarsa Perubahan |
Upacara Bendeera yang Berpihak pada Murid dan Dinantikan Warga Sekolah |
|
Tahapan |
Pertanyaan |
Daftar tindakan yang Perlu Dilakukan untuk menjawab pertanyaan |
Buat Pertanyaan |
· Hal apa yang paling baik dapat Anda temukan dari upacara bendera yang biasa dilakukan di sekolah? · Hal apa yang paling menarik untuk kita pelajari dari pengalaman mengikuti upacara bendera di sekolah selama ini? · Hal apa yang tidak menarik dari pengalaman mengikuti upacara bendera di sekolah |
|
Ambil Pelajaran |
· Siapa saja yang dilibatkan dalam pelaksanaan upacara bendera? · Apa peran masing-masing pelaku dalam upacara bendera tersebut? |
· Mencatat keterlibatan peserta upacara bendera · Menyelami peran masing- masing pelaku |
Gali Mimpi |
· Seperti apa orang-orang yang terlibat melakukan perannya ketika upacara bendera? · Apa kebiasaan baru yang dapat dilakukan dalam upacara bendera yang menyenangkan? · Siapa pelaku perubahan tersebut? |
· Mengamati ekspresi, mengamati stiap kegiatan peserta upacara. Mengamati antusiasme · Memikirkan upaya menghidupkan suasana upacara bendera · Menentukan tokoh pelaku perubahan |
Jabarkan Rencana |
· Langkah inovatif apa yang dapat dilakukan agar upacara bendera tidak membosankan? |
· Saat Pembina upacara selesai memberikan wejangan, diberikan kesempatan pada satu orang anak untuk menyampaikan hal baik yang dialaminya disekolah. · Anak yang ditunjuk tidak ditentukan sebelumnya. Jadi siapapun yang ditunjuk siap tampil. · Petugas upacara dari masing-masing kelas dan dilombakan per tingkat |
Atur Eksekusi |
· Siapa yang akan terlibat dalam mewujudkan rencana tersebut? · Kepada siapa melaporkan kemajuan yang terjadi? · Siapa yang memberikan umpan balik dari laporan |
· Memberi usulan kepada rekan guru melalui rapat bersama pimpinan terkait rencana · Bekerjasama dengan waka kesiswaan dan wali kelas · Melakukan refleksi kegiatan dalam rapat guru · Memberikan laporan kegiatan bulanan kepada pimpinan · Pimpinan memberikan umpan balik kegiatan |
Perbandingan Keadaan
Upacara Biasanya |
Upacara Versi Baru |
Petugas Upacara dari Osis |
Petugas Upacara dari masing-masing kelas dan digilir tiap minggunya kemudian dipilih petugas upacara terbaik dari masing-masing tingkat |
Hanya Pembina upacara yang memberi wejangan |
Peserta didik yang ditunjuk saat itu dapat menyampaikan hal baik yang dialaminya di sekolah |
Pelaksanaan upacara terasa biasa saja |
Pelaksanaan upacara bersemangat karena peserta didik bersiap-siap ditunjuk memberikan hal baiknya |
Tidak diberikan kesempatan kepada anggota kelas menjadi petugas upacara, pengalaman dan tanggung jawab kurang |
Dengan diberikannya kesempatan menjadi petugas setiap anak memiliki pengalaman menjadi petugas dan bertanggung jawab pada tugasnya |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar